Mengingat Nama, Wajib Bagi Seorang Guru

Memberikan sentuhan secara personal (personal touch) adalah hal yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran. Bukan hanya didalam kelas antara guru dengan siswa tetapi juga dalam proses komunikasi lainnya, sebut saja antara seorang pebisnis dengan kliennya. Dan salah satu jenis personal touch yaitu mengingat nama.

Saya ingat ketika ketika masih duduk di bangku sekolah, kaget dan terkesan saat seorang guru tiba-tiba memanggil dan meyebutkan nama saya dengan lengkap. Bangganya, Ibu Guru tau nama saya :). Sejak itu saya sangat menghormati guru tersebut dan menyukai mata pelajaran yang dibawakannya.

Mengingat nama peserta didik merupakan hal yang sangat penting bagi seorang guru dalam proses pembelajaran. Tentunya agar komunikasi antara guru dan siswa dapat berlangsung dengan baik dan enak.

Dengan menyebutkan nama siswa, dia akan merasa lebih dekat dan diperhatikan. Tentu secara otomatis akan lebih mudah dibimbing/ diarahkan dalam proses pembelajaran. Siswa akan lebih menghormati gurunya dan menyukai mata pelajaran yang disampaikannya.

Memang, tidak semua guru dapat melakukan hal “mengingat nama siswa” dengan baik. Saya sendiri menerapkan metode tersendiri untuk dapat mengingat nama siswa. Bagi teman-teman guru yang agak kesusahan dalam hal mengingat nama, mungkin boleh mencoba tips berikut :

  • Kenali ciri utama siswa

Cobalah mengenali dan memvisualisasikan ciri-ciri utama dari masing-masing siswa. Dan lihat perbedaan ciri-ciri antara seorang dengan yang lain. Misalnya : si Sungkot orangnya tinggi dan mancung, si Lihi paling kurus di kelas, si Bosar berbadan gempal, si Agnes kulitnya putih dan banyak ciri lainnya yang bisa kita temukan.

  • Perbanyak berkomunikasi dengan siswa

Lebih sering lagi berinteraksi dengan siswa dan mengadakan komunikasi sambil mem”practice” menyebut nama-nama mereka dalam setiap komunikasi atau pembicaraan.

  • Menuliskan nama siswa

Cobalah mencatat nama siswa dalam buku harian, di buku notes atau di HP/tablet kita. Saat mencatat nama siswa, secara tidak langsung kita menyimpan nama siswa tersebut dalam ingatan kita.

Mungkin teman-teman pengajar punya cara-cara tersendiri selain ketiga cara yang saya terapkan di atas. Dan yang pasti dengan mengingat nama siswa akan sangat bermanfaat bagi guru demi suksesnya proses pembelajaran.

Advertisements

2 thoughts on “Mengingat Nama, Wajib Bagi Seorang Guru

  1. Iya memang, kalau kita bisa menyebut nama murid dia akan merasa bangga dan makin percaya diri.
    Saya punya murid yang dulunya pendiam dan tertutup, sekarang sudah lebih percaya diri dengan pendekatan dan salah satunya dengan sering menyebutkan nama murid tersebut dalam setiap pertemuan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s