Manfaat Meditasi bagi Pikiran dan Tubuh

Di dunia modern saat ini, manusia dituntut untuk selalu bergulat dengan kesibukan dan rutinitas yang seringkali menimbulkan stress dan emosi tidak terkontrol. Gaya hidup yang penuh dengan tekanan ini terkadang membuat kita menjadi lebih mudah sakit. Untuk meredakan ketegangan di dalam tubuh dan pikiran, banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan meditasi. Inti dari meditasi adalah ketenangan dalam diri, menyepi, dan refleksi diri. Berikut adalah beberapa manfaat meditasi yang bisa kita rasakan:

Mengurangi stress

Ini merupakan manfaat meditasi paling utama. Meditasi memang terkenal mampu mengurangi beban dan kepenatan dalam pikiran. Sama seperti pijat, jika dilakukan dengan serius, meditasi bisa membawa anda ke dalam keseimbangan. Pengertian meditasi adalah membebaskan pikiran, melepaskan segala masalah yang sedang dihadapi, dan tidak mencemaskan masa depan. Biarkanlah pikiran anda beristirahat selama 15 menit. Melakukan meditasi sebaiknya di tempat yang cukup tenang, agar anda bisa memusatkan perhatian dengan lebih baik.

Meningkatkan kesehatan

Seperti pepatah mengatakan, di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Ketika keseimbangan pikiran sudah tercapai, maka secara otomatis akan meningkatkan kesehatan pada tubuh. Hampir semua penelitian setuju bahwa manfaat meditasi terhadap kesehatan sangatlah besar. Misalnya saja, seseorang yang mengidap penyakit asma, jika kondisi pikiran selalu bahagia, maka penyakit tersebut akan jarang kambuh. Begitu pula dengan penyakit lain yang ditimbulkan oleh beban pikiran. Meditasi tidak menjamin anda terbebas dari penyakit, tapi setidaknya bisa mengurangi intensitas penyakit tersebut. Jika anda memiliki penyakit yang sifatnya fisik, anda tetap harus mendapatkan penanganan medis.

Mengelola pikiran

Manfaat meditasi lainnya adalah meningkatkan kemampuan kita dalam mengelola pikiran. Meditasi mengajarkan kita cara memusatkan pikiran untuk mencapai kebahagiaan rohani. Banyak orang sakit di dunia ini karena tidak bisa mengendalikan pikiran. Dan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar penyakit fisik merupakan dampak dari ketidakseimbangan pikiran. Pemikiran-pemikiran buruk seperti kurangnya rasa percaya diri, pesimistis, negativitas, bisa dihilangkan dengan rutin melakukan meditasi. Belajar meditasi tidak memerlukan kemampuan khusus, anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Jika anda ingin melakukan teknik meditasi tertentu, anda bisa membacanya dari buku atau sumber lainnya. Dengan sering berlatih meditasi, kita akan mampu menguasai pikiran, bukan pikiran yang menguasai kita.

Meningkatkan kreatifitas

Ketika kita sudah mampu mengontrol pikiran, maka kita akan mampu bermain-main dengannya. Anda bisa memperkuat imaginasi dengan membayangkan hal-hal baik yang pernah terjadi dalam kehidupan anda. anda mungkin bukan tipikal orang yang mudah menciptakan ide-ide kreatif dan spontan. Namun percayalah, dengan sering mengkondisikan pikiran kosong dan terfokus, gagasan-gagasan hebat yang terpendam di alam bawah sadar anda akan menyeruak keluar. Memutuskan sesuatu juga menjadi lebih mudah ketika kita mencari solusi dalam kondisi pikiran yang tenang.

Di atas adalah beberapa keuntungan melakukan meditasi. Jika anda rutin melakukan aktivitas ini, semua kebaikan dalam hidup akan menghampiri anda. Jangan segan untuk mencoba, dan rasakanlah semua manfaat meditasi.

Advertisements

One thought on “Manfaat Meditasi bagi Pikiran dan Tubuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s