Lembur Tidak Baik Bagi Kesehatan

kerja lembur tidak baik bagi kesehatan

Jika anda hobi mengambil jam kerja malam / kerja lembur, mungkin sudah anda memikirkan pengaruhnya terhadap kesehatan. Terlalu memporsir tubuh untuk bekerja sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Malam hari adalah jam-jamnya kita beristirahat, maka dari itu sebaiknya anda memanfaatkannya untuk beristirahat, bukannya malah bekerja.

Dampak Kerja Lembur

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa orang yang bekerja lebih dari 11 jam sehari memiliki resiko depresi yang lebih tinggi daripada orang yang bekerja dalam periode normal, sekitar 7-8 jam sehari. Jika anda tidak bisa menghindari kerja lembur karena tugas yang sangat menumpuk, anda sebaiknya maksimalkan istirahat saat libur weekend. Semakin keras anda memaksa tubuh untuk bekerja, semakin banyak pula istirahat yang diperlukan agar tubuh anda tetap sehat.

Duduk terlalu lama saat kerja lembur

Kerja di kantor biasanya menuntut kita untuk duduk seharian. Kebiasaan duduk yang terlalu lama juga  tidak baik bagi tubuh. Penyakit seperti gangguan jantung, diabetes, kegemukan, kanker, dan kematian mendadak bisa disebabkan oleh hal ini. Maka dari itu, ketika di kantor usahakan agar anda tidak terus duduk selama seharian. Ubahlah posisi duduk anda sekali waktu, atau biasakan diri untuk rehat sejenak ketika tubuh sudah merasa sangat letih.

Tips sehat setelah kerja lembur

Ketika seseorang bekerja dalam waktu yang sangat lama, biasanya ia tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus dirinya sendiri, keluarga, maupun orang-orang di sekitarnya. Aktivitas santai seperti hang-out bersama teman, makan malam bersama keluarga, atau berjalan-jalan bisa menjaga pikiran anda agar tetap fresh.

Untuk menjaga pikiran tetap fresh, cobalah melakukan meditasi di waktu-waktu luang anda. Jika anda tidak terbiasa, anda juga bisa melakukan massage atau pijat. Asupan makanan juga harus dijaga, jangan sampai gara-gara kerja lembur anda membiarkan diri anda mengasup junk food atau makanan tidak sehat lainnya. Tips cara makan sehat bisa anda baca pada artikel berikut ini (Baca: Tips Cara Makan Sehat). Jauhi merokok atau minuman bersoda, karena tidak baik bagi kesehatan.

Maksimalkan waktu weekend anda untuk menjernihkan pikiran. Lupakan sejenak beban kerja yang sudah anda tangguh selama hari kerja. Berikan pikiran anda kebebasan, ada banyak cara untuk menjernihkan pikiran. Misalnya dengan mendengarkan musik meditasi atau lagu yang anda sukai, berolahraga, jalan-jalan ke pantai, ke puncak, dsb.

Banyak orang yang “balas dendam” kerja beratnya dengan tidur seharian saat weekend. Ini tidak tepat, seperti yang anda ketahui tidur berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Tidurlah secukupnya, jika sudah waktunya bangun ya lekas bangun. Jangan kembali memaksakan tidur padahal tubuh sudah merasa cukup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s