Hal Sederhana Mengatasi Global Warming

Memakai bahan bakar berbahan fosil, batu bara, atau minyak bumi bisa meningkatkan level karbondioksida di bumi. Ini merupakan penyebab global warming paling utama.

Jika anda tidak ingin keselamatan bumi kita terancam di masa mendatang, silakan ikuti beberapa cara mengatasi global warming berikut ini:

  1. Mendaur ulang

Anda bisa mengurangi global warming dengan memakai barang berkali-kali. Selain itu belilah barang-barang yang memiliki kemasan ekonomis atau kecil. Logikanya, semakin kecil produk, semakin kecil pula energi yang dipergunakan untuk membuatnya. Selain itu mendaur ulang produk juga akan menurunkan dampak buruk global warming. Bahan-bahan seperti kertas, plastik, atau gelas memang lebih baik didaur ulang daripada dibuang begitu saja.

  1. Kurangi pemakaian AC dan produk sejenisnya

Cara mengatasi global warming berikutnya adalah kurangi pemakaian air conditioner (AC). AC dikenal tidak ramah lingkungan karena menghasilkan gas CFC (Chloro Fluoro Carbons). Gas ini bisa menggerus lapisan ozon yang merupakan pelindung bumi dari radiasi matahari yang mematikan. Saat ini diameter lubang ozon sudah sangat mengkhawatirkan. Jika terus dibiarkan, dampak pemanasan global akan sangat terasa dalam beberapa tahun ke depan. Anda bisa mengganti AC dengan produk yang lebih ramah lingkungan seperti kipas angin. Atau Anda juga bisa membeli produk AC yang sudah dirancang ramah lingkungan (eco-saving).

  1. Ganti bola lampu anda

Untuk mengatasi global warming, anda bisa mengganti bola lampu di rumah dengan bola lampu CFL (compact fluorescent light). Memakai bola lampu CFL bisa menghemat konsumsi energi hingga 30%. Selain itu lampu CFL juga lebih awet dibandingkan bola lampu biasa.

  1. Berkendara Seperlunya

Anda tentu sudah tahu bahwa pemanasan global disebabkan oleh emisi karbon dioksida ke udara. Semakin sering anda menggunakan kendaraan, semakin banyak pula emisi karbon yang dilepaskan ke udara. Jika anda ingin berpartisipasi aktifmengatasi global warming, silakan ganti kendaraan anda dengan sepeda yang lebih ramah lingkungan. Selain bisa melestarikan bumi, juga bisa menyehatkan tubuh.

  1. Tanamlah pohon

Anjuran pemerintah untuk menanam seribu pohon sebaiknya tidak menjadi angin lalu saja. Pohon merupakan salah satu faktor yang bisa menyelamatkan kita dari global warming yang semakin parah. Fungsi utama pohon adalah menyerap karbon dioksida. Semakin banyak pohon, semakin banyak karbon dioksida diserap, semakin sehat juga bumi kita. Dengan rutin menanam pohon, diharapkan laju global warming bisa diperlambat secara signifikan, karena satu pohon bisa menyerap hingga 1 ton karbon dioksida seumur hidupnya.

Mari Cintai Bumi kita. Mari berpartisipasi aktif untuk mengatasi global warming.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s