Dampak Buruk Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau soft drinks telah menjadi minuman favorit di seluruh dunia. Anda bisa menemukan berbagai macam produk minuman bersoda di supermarket, minimarket, hingga ke toko-toko kelontong. Di balik rasanya yang enak dan menyegarkan, ternyata minuman bersoda juga memiliki dampak buruk bagi tubuh. Tidak ada larangan meminum soda, namun akan lebih baik jika anda bisa membatasi meminum soda. Berikut adalah beberapa dampak buruk minuman bersoda :

dampakburukminumanbersoda

  1. Menyebabkan Dehidrasi

Tubuh memiliki kandungan air hingga 60%. Setiap hari kita akan kehilangan air dari dalam tubuh melalui kencing, bernafas, dan berkeringat. Kehilangan air ini harus segera digantikan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, caranya adalah dengan meminum banyak air. Meminum minuman bersoda saat tubuh sedang dehidrasi sangat tidak baik karena minuman bersoda memiliki kandungan gula dan kafein yang tinggi. Ini justru akan membuat anda semakin dehidrasi.

  1. Mempengaruhi kejiwaan seseorang

Penelitian medis yang dilakukan di Norwegia menyebutkan orang dewasa yang terlalu banyak meminum soft drinks bisa mengalami masalah psikis, seperti hiperaktivitas, ketegangan, dan kesedihan. Selain itu minuman bersoda juga bisa merusak email gigi, bahkan lebih parah dari kerusakan yang diakibatkan oleh makanan atau minuman lain.

  1. Mengurangi kesuburan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang secara rutin meminum soda dalam jumlah banyak cenderung mengalami masalah kesuburan. Ini disebabkan oleh kandungan kafein yang terdapat pada minuman bersoda. Penelitian pernah dilakukan dengan mengambil sampel pria yang tidak menimum soda dan pria yang rutin meminum soda. Hasilnya kelompok pria yang rutin meminum soda mengalami penurunan tingkat kesuburan secara konstan.

  1. Menyebabkan Kegemukan

Dampak buruk minuman bersoda jelas terlihat pada bobot tubuh seseorang. Minuman bersoda memiliki kadar gula dan kalori yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi yang sangat kuat antara kebiasaan meminum minuman bersoda dengan bobot tubuh. Satu kali minum soft drink akan meningkatkan resiko obesitas hingga 1,6 kali.

  1. Diabetes

Diabetes / kencing manis merupakan dampak buruk minuman bersoda yang paling sering terjadi. Karena memiliki kandungan gula tinggi, minuman bersoda juga meningkatkan resiko diabetes bagi peminumnya. Tidak hanya membuat gemuk, minuman bersoda juga bisa memaksa tubuh untuk memproses gula. Saat gula masuk ke dalam aliran darah, pankreas harus memproduksi banyak insulin untuk memprosesnya. Nah, jika anda terus-menerus memasukkan gula yang tinggi ke dalam tubuh, akan memicu pankreas bekerja lebih keras. Bahkan suatu saat bisa mengalami kegagalan. Di saat seperti inilah resiko diabetes meningkat dengan cepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s