Cara Makan Sehat

Cara makan sehat merupakan hal yang sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama di jaman modern saat ini, dimana makanan sudah terkontaminasi dengan berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh. Anda mungkin tidak menyadari tubuh anda disusupi zat-zat berbahaya setiap harinya. Cara makan sehat tidak berarti anda harus menghindari makanan yang anda sukai atau menghitung kadar nutrisi secara berlebihan. Melainkan, anda harus bisa mengontrol diri saat makan, makan secukupnya, makan makanan sehat dan bergizi, serta mengurangi makanan yang mengandung zat-zat berbahaya (seperti pengawet, pemanis buatan, dsb).

Selain dengan cara makan sehat, anda bisa meningkatkan kualitas hidup dengan hidup lebih energik / aktif, menstabilkan emosi dan pikiran (dengan melakukan meditasi atau sejenisnya). Untuk mendapatkan asupan makanan yang baik untuk tubuh, anda hanya perlu mempelajari beberapa panduan nutrisi makanan yang banyak tersedia di majalah, surat kabar, atau di situs-situs online. Dengan begini anda bisa lebih memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh anda.

Berikut adalah beberapa tips cara makan sehat:

  1. Variasikan menu makanan anda.

Sebaiknya hindari memakan satu jenis makanan saja setiap hari. Misalnya anda menyukai nugget, kemudian anda menjadikan makanan tersebut sebagai menu harian anda untuk jangka waktu yang lama. Pola makan seperti ini sangat tidak baik bagi kesehatan. Selain memvariasikan jenis makanan, sebaiknya makanan yang anda santap memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna. Atau paling tidak, terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, serat, dan vitamin, dan mineral di dalam makanan tersebut.

  1. Makanlah dalam porsi yang cukup (tidak berlebihan).

Jika anda terbiasa makan dalam porsi besar, cobalah untuk mengurangi porsi makan tersebut secara perlahan. Ini merupakan pola makan sehat yang sangat vital karena  bisa menstabilkan berat badan anda. Namun jangan juga terlalu ekstrim mengurangi porsi makan, lebih baik mengurangi secara perlahan agar lambung bisa beradaptasi. Inti dari cara makan sehat ini adalah tidak membiarkan perut anda berbunyi atau keroncongan setelah makan. Jika perut anda masih keroncongan sehabis makan itu tandanya anda terlalu ekstrim mengurangi porsi makan. Tips ini tidak perlu anda lakukan dalam satu hari, pelan-pelan saja, mungkin dalam waktu seminggu atau sebulan.

  1. Hindari makan di malam hari.

Makan di malam hari tidak baik bagi tubuh. Itu karena tubuh kita sedang bersiap untuk istirahat (metabolisme tubuh menurun). Sebagai gantinya, anda lebih baik makan pada sore atau menjelang petang. Makan di waktu-waktu tubuh beristirahat hanya akan menumpuk lemak dan bisa membuat anda obesitas. Hargai hidup anda dengan cara makan sehat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s